Senin, 10 Oktober 2011

Knitting and Crocheting - Merajut dan Merenda

     Merajut dan merenda. Kalau kita lihat 'olahan' benang seperti bros, topi, syal, sweater, dst, kebanyakan kita akan menyebutnya sebagai 'rajutan'. Padahal yang namanya merajut dan merenda itu beda jauh. dari segi alat dan tehnik tentu saja. Knitting itu artinya merajut. Selain knitting, disebut juga breien, jarumnya panjang, ada 2, dan tidak ada kaitnya. Sedangkan Crochet atau hakken (bahasa belanda kayaknya ni) itu dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan 'merenda' (agak ngga pas juga sih menurut saya), jarumnya hanya 1 (biasa disebut hook),  ada kaitnya, dan beragam ukurannya. .Beda teknik aja sih, tujuan akhirnya tetep sama, merubah benang menjadi barang. hehehe...Yang semula uwel-uwelan benang bisa menjadi syal, baju cantik, sweater, bros, topi, dsb.


Jarum Rajut


Contoh Hasil Rajutan


Jarum renda (hakken)


Contoh Hasil Merenda



     Oh ya, sekarang ini, merajut dan merenda bisa dilakukan dengan mesin juga, jadi ngga melulu manual seperti jaman dulu. Di toko mainan anak saya malah pernah ada mesin sederhana buat merajut. Karena agak mahal, belum terbeli. Mungkin nanti kapan-kapan kalau sudah ada rejeki dan belum habis di tokonya. hehehe... Tapi, menurut saya (lagi) merajut dan merenda itu bukan semata-mata ingin membuat sesuatu ya. Ada semacam 'cinta' mengerjakannya (bahasa saya lo), jadi bukan karena semata ingin cepat jadi, ingin cepat dijual, tapi lebih karena saya lagi ingin mengerjakan ini nggak? Saya enjoy ngga bikin model gini? seperti itu lah... Namanya juga hobi :-) Kalau tidak membuat kita suka melakukannya, lalu buat apa?


attention : gambar-gambar pada postingan ini (kecuali gambar bandana crochet) diambil dari Google dan  semata-mata digunakan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan (semoga tidak ada yang keberatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar