Jumat, 07 Oktober 2011

Based on pattern? ato improvisasi?

     Dalam dunia per-crochetan, penting sekali untuk kita tau tentang pattern-pattern dasar. Maksutnya pattern itu seperti rumus gitu lah. Pattern dasar disini misalnya pattern untuk bikin bentuk bola, dll. Dasar saya bego aja susah baca pattern, saya susahhh banget kalau lihat desain yang apik, tapi pattern nya susah sekali diikuti. dan di luar negeri, pattern crochet itu dijual lo. semakin rumit semakin mahal sepertinya. nanti kalau kita oke beli pattern dia, kita bayar pake credit card atau paypal, dan pattern akan dikirim via imel. Hihi...segitunya..  Karena saya juga belum ekspert-ekspert banget, pakai pattern pengawuran aja lah. yang penting jadinya mirip (maksa)
     Dan orang yang paling berjasa sehingga saya tau pattern bola (karena ini awal segalanya tentang amigurumi) adalah Mbak Atik (trima kasih banyak ya mbakyu), dia juga sempat mengajari cara membaca pattern, tapi dasar bebel aja yang diajari, jadinya sampai sekarang kalo dapat pattern harus dibawa semedi dulu biar ngeh. Hehehe..
     Apapun, pakai pattern atau jalan langsung, yang terpenting adalah kita sudah mencobanya. Kalau kita memang ingin tahu ilmu-nya yang 'benar' dan punya niat suatu saat ingin mengajarkan kepada orang lain, maka kita mau tak mau harus belajar tentang pattern. Tapi untuk pembelajar yang tak ingin terkekang dengan pattern, juga dipersilahkan untuk mencoba dengan coba-coba, atau tekhik pengawuran (macam saya), atau beli contohnya, bongkar, dan bikin ulang (seperti saya juga). Ada banyak jalan ke Roma kalau kita mau mencarinya. Jadi, tak ada alasan untuk bilang, merajut dan merenda itu sulit, mari beli alat-alatnya, dan kita mulai belajar sama-sama...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar